Rabu, 24 September 2008

MUDIK YUK PAKE JALUR BARU




MUDIK YUK! AYOOOO MUDIIIIIIIIIK...!!

Lebaran sebentar lagi tiba, H-7 adalah pekan terakhir arus mudik segera tiba menemui puncaknya pada H-1 lebaran dalam setiap tahunnya. begitu juga dengan sejumlah ruas jalan yang biasa dijadikan jalur mudik warga dari ibu kota Jakarta menuju sejumlah kota baik dipulai Jawa, bali, sumatra dan sejumlah kota-kota lainnya dibagian timur Indonesia.
Mudik adalah tradisi bangsa Indonesia menjelang datangnya lebaran, apapun itu mudik bagi sebagian warga sudah merupakan keharusan menjalaninya.
Maka sejumlah infrastruktur pendukung baik ruas jalan, sarana angkutan darat laut dan udara pasti sangat dibutuhkan boleh jadi menjadi faktor penunjang utama lancarnya taradisi ini.
Salah satu jalur mudik dibelahan Jawa barat bagian selatan, adalah jalur selatan Negrek yaitu jalur yang membentang menghubungkan sejumlah kota dibagian timur pulau jawa dari Ibu kota Jakarta melewati kota Bandung dan sekitarnya.
Jalur selatan Nagrek adalah ruas jalan sepanjang kurang lebih 5 km dimana rusa jalur ini berada dikecamatan Nagrek Kabupaten Bandung Jawa Barat. mengapa jalur Nagrek ini menjadi perhatian sejumlah pihak pada setiap musim mudik lebaran? jawabannya mungkin karena dijalur ini ribuan kendaraan yang hendak melintas biasanya terjebak macet atau harus mengalami perjalanan merayap tersendat akibat kontur jalan yang naik turun serta berada diantara tebing dan jurang yang demikian curam, sehingga tidak jarang mengakibatkan kecelakaan lalu lintas cukup parah.
Kini jalur selatan Nagrek ini, telah jauh lebih baik jika dibanding beberapa tahun sebelumnya. pada sumber kemacetan yaitu dijalan cagak nagrek yaitu dua ruas jalur dari arah Garut dan Tasikmalaya, saling bertemu dan kerap kali mengakibatkan kemacetan kerena pertemuan dua ruas jalur dicagak inijalannya naik tajam serta kondisi jalan agak miring akibat konture tahan disekitarnya yang agak sedikit labil.
untuk menghindari jebakan macet dijalur ini, pemerintah telah membangun ruas jalan lingkar sepanjang 600 meter dari total kurang lebih yang direncanakan sepanjang 5,2 Km dikawasan tersebut. kehadiran jalur baru yang disebut jalan lingkar nagrek ini, diharapkan akan dapat mengurai kemacetan disekitar jalan cagak nagrek yang biasanya menjadi perangkap kemacetan sejumlah kendaraan saat musim mudik tiba...**jeembe**

Tidak ada komentar: